Aktivasi Anggota Perpustakaan
Aktivasi Anggota Perpustakaan UIN Jakarta merupakan langkah awal untuk dapat memanfaatkan berbagai akses, layanan dan fasilitas yang tersedia.
Anggota Perpustakaan yang telah teraktivasi, dapat memanfaatkan layanan peminjamaan/pengembalian koleksi buku, ruang diskusi dan penggunaan komputer yang dilengkapi dengan akses internet.
Klik 'Aktivasi Anggota Perpustakaan' >>
Bebas Pustaka Online
Bebas Pustaka diakses secara online, sebagai persyaratan administrasi pendaftaran wisuda dan yudisium bagi mahasiswa. Dengan layanan Bebas Pustaka online ini, aksesibilitas menjadi lebih efektif dan efisien, karena mahasiswa dapat mengakses layanan ini kapan saja dan di mana saja.
Persyaratan:
- AIS aktif.
- Seluruh nilai matakuliah sudah tervalidasi.
- Bebas dari peminjaman/denda keterlambatan koleksi buku.
Klik 'Bebas Pustaka Online' >>
Peminjaman Koleksi
Layanan ini (sirkulasi), memfasilitasi civitas akademika UIN Jakarta dalam proses peminjaman dan pengembalian koleksi buku. Untuk mempermudah proses peminjaman, Perpustakaan UIN Jakarta menggunakan sistem katalog online (OPAC UIN Jakarta) untuk pencarian koleksi buku dengan cepat dan akurat. Selain itu juga, dapat memeriksa ketersediaan koleksi buku yang dicari.
Cek Koleksi Buku >>
Konsultasi Pustakawan
Layanan ini, Pustakawan siap memberikan dukungan bagi civitas akademika UIN Jakarta dalam pencarian dan pemanfaatan informasi literatur/database akademik. Manfaatkan layanan ini, untuk mempermudah dalam memperoleh informasi secara tepat, efektif dan efisien.
Klik 'Konsultasi Pustakawan' >>
Titik Layan Bidang Keilmuan
Perpustakaan UIN Jakarta memberikan dukungan yang lebih spesifik beragam disiplin ilmu di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Layanan ini menyediakan akses mudah ke koleksi yang relevan, termasuk koleksi buku, e-resources, dan sumber daya sesuai dengan bidang keilmuan.
Berikut, Titik Layan Bidang Keilmuan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, antara lain:
Permintaan Literatur
Perpustakaan UIN Jakarta menyediakan layanan permintaan informasi literatur database akademik berupa e-resource dan book chapter. Layanan ini dirancang untuk memudahkan civitas akademika UIN Jakarta dalam mencari sumber informasi yang relevan. Manfaatkan layanan ini, untuk dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan mudah.
Klik 'Akses Permintaan Literatur' >>
Ruang Diskusi
Berada di lantai 4, ini merupakan fasilitas Perpustakaan UIN Jakarta untuk mendukung kegiatan atau diskusi kelompok. Dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman serta akses internet yang cepat, ruangan ini menawarkan suasana yang ideal untuk pertemuan, presentasi atau kerja kelompok. Selain itu, memberikan privasi bagi civitas akademika UIN Jakarta untuk melakukan inovasi dan berkolaborasi. Fasilitas ini dapat direservasi untuk keperluan akademik.
Klik 'Reservasi' >>
Ruang Pertemuan
Berada di lantai 7 yang dilengkapi dengan peralatan audio-visual, dan akses WiFi. Ruang pertemuan ini dapat menampung >100 orang, tempat yang cocok untuk kegiatan workshop, seminar dan lokakarya. Selain itu, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kegiatan formal atau informal. Informasi lebih lanjut untuk peminjaman ruang pertemuan ini, silahkan konfirmasi ke bagian Tata Usaha Perpustakaan UIN Jakarta di lantai 3.
Free Akses Wifi
Perpustakaan UIN Jakarta menyediakan akses free WiFi di seluruh area gedung perpustakaan, sehingga memberikan kemudahan bagi civitas akademika UIN Jakarta mengakses database digital, dan mengerjakan tugas akademik. Dengan adanya fasilitas ini, jadi lebih mudah mengakses berbagai sumber informasi dan dapat dijadikan tempat yang ideal untuk melakukan inovasi dan pusat kegiatan riset.
Locker/Penyimpanan Barang
Berada di lantai 2 gedung Perpustakaan UIN Jakarta. Sebanyak 352 locker disediakan bagi civitas akademika UIN Jakarta untuk menyimpan barang pribadi sebelum masuk ke ruang baca. Kamera CCTV dipasang untuk menjamin keamanan dan kenyamanan barang bawaan yang disimpan di locker selama berada di perpustakaan.