Inovasi Mobile Service, Lebih Interaktif dan Bantu Mahasiswa Cari Referensi Secara Cepat dan Akurat
Gedung Perpustakaan UIN Jakarta, Berita Online – Di tengah era digital yang menuntut kecepatan dan mobilitas tinggi, Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meluncurkan inovasi layanan Perpustakaan Bergerak (Mobile Service). Layanan ini dirancang untuk menjawab kebutuhan informasi mahasiswa secara cepat, fleksibel, dan efisien.
Perpustakaan Tak Lagi Diam, Kini Lebih Aktif dan Lebih Dekat
Berbeda dari layanan konvensional –yang menunggu pengguna mendatangi petugas layanan, konsep Mobile Service Perpustakaan UIN Jakarta justru membalikkan paradigma: pustakawan aktif mendatangi mahasiswa. Layanan ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan akses referensi ilmiah secara akurat.
“Melalui layanan Perpustakaan Bergerak ini, kami ingin mendekatkan layanan informasi ke tengah-tengah pemustaka,” ujar Heru Widodo, S.IP., Pustakawan UIN Jakarta sekaligus Koordinator Layanan Pemustaka, Senin (14/7/2025).
Heru menjelaskan bahwa layanan ini hadir sebagai respons terhadap kebutuhan literasi modern yang serba cepat dan adaptif. Tim Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan hadir langsung untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelusuran koleksi referensi, katalog online, dan layanan konsultasi literasi akademik.
Tak hanya itu, kehadiran pustakawan juga membuka ruang interaksi edukatif. Mahasiswa dapat berdiskusi, meminta bimbingan, hingga mendapatkan tips literasi informasi yang relevan dengan kebutuhannya. “Perpustakaan bukan lagi tempat yang membosankan. Melalui layanan ini, kami ingin membentuk ekosistem literasi yang dinamis dan inklusif,” imbuh Heru.
Dorong Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa
Tak hanya mempermudah, layanan Perpustakaan Bergerak UIN Jakarta juga mendorong tumbuhnya budaya literasi. Mahasiswa diajak untuk lebih aktif dan mandiri dalam mengakses berbagai sumber informasi akademik. “Kami ingin menciptakan ekosistem perpustakaan yang inklusif. Bukan sekadar tempat menyimpan buku, tapi ruang interaktif di Perpustakaan UIN Jakarta,” tambah Heru.
Dengan pendekatan ini, mahasiswa lebih leluasa berkonsultasi, berdiskusi, bahkan mendapat rekomendasi literatur dari pustakawan yang hadir secara langsung.
Layanan Perpustakaan Bergerak (Mobile Service), merupakan bagian dari strategi tranformasi digital dan peningkatan kualitas layanan berbasis kebutuhan pengguna. Dengan moto “Library Every Space: Faster, Easier dan Closer”, menjadikan perpustakaan sebagai ruang belajar terbuka yang responsif terhadap zaman. *RMr
Untuk update berita dan informasi lebih lanjut, bisa di akses:
🌐 Website: https://perpus.uinjkt.ac.id/id
📸 Instagram: https://www.instagram.com/perpusuinjkt/
▶️ YouTube: https://www.youtube.com/@pusatperpustakaan5231
FB: https://www.facebook.com/pusatperpustakaanuinjkt
X: https://x.com/i/flow/login?redirect_after_login=%2Fperpusuinjkt