Pak_Agus_2

Agus Rifai, Ph.D

Kepala Perpustakaan
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
 

Prakata Kepala Perpustakaan

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Perjalanan akademik merupakan perjalanan yang penuh warna dan tantangan. Dengan segala kerendahan hati, Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ingin menjadi bagian dari perjalanan akademik tersebut. Kami meyakini bahwa perpustakaan bukanlah sekadar sebuah bangunan; ia adalah jantung dari ruang akademis di mana kami harus menjadi bagian aktif dan kontributif dalam setiap kolaborasi dan interaksi intelektual di antara pustakawan, mahasiswa, dosen, peneliti, dan seluruh komunitas universitas.

Visi kami tentang "Library Anywhere" merupakan komitmen untuk memastikan bahwa akses sumber daya perpustakaan dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja. Kami segenap tim perpustakaan, berdedikasi untuk menjadi pendorong utama dalam memfasilitasi pengguna perpustakaan dalam memanfaatkan sumber daya informasi yang tersedia, serta membantu sivitas akademika mempersiapkan kemampuan (skills) yang diperlukan dalam kegiatan akademis dan menjadi pembelajar mandiri.

Untuk mewujudkan atmosfir akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, perpustakaan berupaya menjadi pilihan utama, tempat bagi sivitas akademik dalam riset dan pembelajaran. Di perpustakaan para mahasiswa, dosen, dan peneliti dapat bersama-sama mengeksplorasi dunia ilmu pengetahuan, menemukan sumber-sumber informasi yang diperlukan, serta mendukung pertumbuhan pemikiran yang kritis dan inovatif. Selain itu, kami tidak hanya menyediakan akses ke beragam koleksi tercetak dan sumber daya digital, tetapi juga memberikan dukungan dalam membekali kemampuan akademik seperti membaca, menulis, riset, dan pemahaman informasi secara efektif bagi seluruh komunitas akademis. Ibarat ruang pameran dan galeri akademis, melalui perpustakaan, karya-karya ilmiah, penelitian, dan karya seni yang menginspirasi, akan terpajang yang mencerminkan prestasi akademis, dan menjadi tempat merayakan kreativitas setiap individu dalam lingkungan akademis.

Kami menyadari bahwa dalam setiap peran tersebut, perpustakaan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan orang dengan pengetahuan, menyediakan wadah untuk pertumbuhan intelektual, serta mendorong kolaborasi antarindividu dalam produksi ilmu pengetahuan dan menciptakan inovasi baru. Perpustakaan bukan hanya tempat untuk mencari informasi, tetapi juga merupakan tempat di mana pertumbuhan pengetahuan, keterampilan, dan eksplorasi intelektual terjadi. Kami bertekad untuk terus mendukung pengembangan akademik, kolaborasi, dan inovasi bagi seluruh komunitas universitas.

Komitmen kami bahwa perpustakaan adalah lebih dari sekadar kumpulan buku atau sumber informasi, tetapi menjadi mitra sivitas akademika dalam perjalanan akademik yang menyenangkan dan produktif.

Terima kasih atas dukungan dan partisipasi Anda dalam membangun sebuah perpustakaan menjadi pusat kegiatan akademis yang dinamis dan inklusif bagi semua. Mari bersama-sama mewujudkan Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai tempat yang inspiratif untuk pertumbuhan ilmu pengetahuan, kreativitas dan inovasi.

 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Agus Rifai, Ph.D
Kepala Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta