Sambut Hari Santri 2024: Ini Dia, Koleksi Riset Eksklusif tentang Santri & Pesantren
Perpustakaan UIN Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Santri 2024 yang jatuh pada tanggal 20 Oktober 2024, Perpustakaan UIN Jakarta merilis koleksi riset eksklusif yang menggali lebih dalam tentang ‘Santri dan Pesantren’. Koleksi ini menampilkan karya-karya inovatif yang mencerminkan dinamika, kemandirian, dan peran santri dalam masyarakat modern.
Berikut, Koleksi Riset Eksklusif Seputar ‘Santri dan Pesantren’:
KEMANDIRIAN DAN SIKAP ENTERPRENEURSHIP SANTRI DI PESANTREN
Karya Sarwenda
Disertasi 'KEMANDIRIAN DAN SIKAP ENTERPRENEURSHIP SANTRI DI PESANTREN' karya Sarwenda membahas mengenai pentingnya pengembangan sikap kemandirian dan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) di kalangan santri. Sarwenda menekankan bahwa pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan agama, tetapi juga sebagai tempat yang dapat membentuk keterampilan hidup para santri, termasuk kemampuan berwirausaha.
Melalui penelitian ini, Sarwenda mengeksplorasi bagaimana pendidikan di pesantren dapat mendorong santri untuk memiliki kemandirian ekonomi melalui berbagai program kewirausahaan. Disertasi ini juga menyoroti faktor-faktor yang memengaruhi terbentuknya sikap entrepreneurship di pesantren, seperti lingkungan pesantren, dan peran para pengasuh dan pembina dalam membentuk mental kewirausahaan. Sarwenda mengusulkan pendekatan yang lebih integratif dalam kurikulum pesantren untuk mengembangkan kemampuan santri dalam bidang ekonomi tanpa mengabaikan nilai-nilai agama.
Temukan Koleksi >> 'KEMANDIRIAN DAN SIKAP ENTERPRENEURSHIP SANTRI DI PESANTREN' karya Sarwenda
MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TERINTEGRASI DI PONDOK PESANTREN
Karya Moh. Idris
Dalam karya ini, Moh. Idris memperkenalkan model pengembangan kurikulum yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dan modern, menjawab tantangan pendidikan di era globalisasi.
Disertasi 'MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TERINTEGRASI DI PONDOK PESANTREN' oleh Moh. Idris mengkaji pengembangan kurikulum yang menyatukan ilmu agama dan ilmu umum di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model kurikulum yang mampu menjembatani pendidikan tradisional pesantren dengan tuntutan pendidikan modern, sehingga santri dapat menguasai kedua aspek tersebut. Idris menawarkan strategi integrasi yang memperhatikan karakteristik pesantren, menjaga keseimbangan antara nilai-nilai keagamaan dan keterampilan duniawi. Disertasi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan sistem pendidikan pesantren agar relevan dengan perkembangan zaman.
Temukan Koleksi >> 'MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TERINTEGRASI DI PONDOK PESANTREN', Karya Moh. Idrus
PERUBAHAN ORIENTASI NILAI-NILAI PONDOK PESANTREN MODERN
Karya Syafrizal Fuady
Disertasi 'PERUBAHAN ORIENTASI NILAI-NILAI PONDOK PESANTREN MODERN' karya Syafrizal Fuady membahas tentang transformasi nilai-nilai di pondok pesantren yang bersifat modern. Penelitian ini menyoroti bagaimana pesantren yang dulunya hanya fokus pada pendidikan agama tradisional mulai mengadopsi nilai-nilai baru, termasuk pendidikan umum, keterampilan hidup, dan teknologi. Fuady menganalisis perubahan ini dalam konteks tantangan zaman, terutama globalisasi dan modernisasi, yang menuntut lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk beradaptasi tanpa meninggalkan identitas keagamaan mereka.
Disertasi ini memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana pesantren menghadapi perubahan sosial, dengan tetap mempertahankan prinsip dasar Islam.
Temukan Koleksi >> 'PERUBAHAN ORIENTASI NILAI-NILAI PONDOK PESANTREN MODERN', karya Syafrizal Fuady
KAUM SANTRI MODERN: Pengetahuan, Budaya dan Identitas
Karya Saifudin Asrori
Disertasi 'KAUM SANTRI MODERN: Pengetahuan, Budaya dan Identitas', Budaya dan Identitas" karya Saifudin Asrori menawarkan sebuah analisis mendalam mengenai perubahan yang terjadi dalam lingkungan kaum santri di tengah modernitas. Disertasi ini berfokus pada transformasi identitas santri, terutama dalam bagaimana mereka mengelola pengetahuan, budaya, dan nilai-nilai tradisional Islam dalam dunia yang semakin modern dan global.
Budaya kaum santri juga mengalami perubahan, di mana tradisi pesantren masih dipertahankan, namun dikombinasikan dengan gaya hidup modern. Dalam hal ini, Asrori menyoroti aspek adaptasi kaum santri terhadap perubahan sosial, termasuk penggunaan teknologi dan media digital sebagai sarana untuk berdakwah dan belajar. Identitas mereka pun berkembang, mencerminkan kombinasi antara religiusitas tradisional dengan wawasan modern yang lebih terbuka.
Lebih jauh lagi, disertasi ini menyoroti bagaimana kaum santri modern berusaha mempertahankan akar religius mereka sambil menghadapi tantangan dunia modern. Asrori menegaskan bahwa kaum santri tidak sepenuhnya menolak modernitas, melainkan mencoba mengintegrasikannya dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Proses ini menciptakan identitas hibrid yang unik, di mana santri tidak hanya dilihat sebagai individu yang taat beragama, tetapi juga sebagai bagian dari masyarakat yang aktif berkontribusi di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, dan politik.
Temukan Koleksi >> 'KAUM SANTRI MODERN: Pengetahuan, Budaya dan Identitas', karya Saifudin Asrori
GLOBALISASI PENDIDIKAN PESANTREN: Studi Kepemimpinan Kyai
Karya Ahmad Taufiq
Disertasi 'GLOBALISASI PENDIDIKAN PESANTREN: Studi Kepemimpinan Kyai' karya Ahmad Taufiq menyajikan analisis mendalam mengenai dampak globalisasi terhadap pendidikan di pesantren serta peran vital yang dimainkan oleh kiai sebagai pemimpin dalam proses tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana kiai beradaptasi dengan tuntutan dan tantangan yang muncul akibat arus globalisasi, baik dalam hal kurikulum, metode pengajaran, maupun nilai-nilai yang diajarkan di pesantren.
Dalam disertasi ini, Taufiq menggambarkan perubahan yang terjadi di lingkungan pesantren seiring dengan meningkatnya akses informasi dan teknologi. Kiai diharapkan tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga menjadi agen perubahan yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dengan pengetahuan modern. Taufiq menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa pesantren, sehingga dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang berbagai strategi yang diterapkan oleh kiai dalam menyikapi globalisasi.
Secara keseluruhan, disertasi ini memberikan kontribusi signifikan terhadap kajian pendidikan Islam, terutama dalam konteks pesantren, serta memperkaya pemahaman tentang peran kepemimpinan kiai dalam proses globalisasi pendidikan. Temuan-temuan dalam penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan, pendidik, dan peneliti yang tertarik pada perkembangan pendidikan pesantren di era modern.
Temukan Koleksi >> 'GLOBALISASI PENDIDIKAN PESANTREN: Studi Kepemimpinan Kyai', karya Ahmad Taufiq