POSTER RISET: Model Penilaian Afektif dalam Pendidikan Agama Islam, Karya Maemunah
POSTER RISET: Model Penilaian Afektif dalam Pendidikan Agama Islam, Karya Maemunah

Disertasi karya Maemunah yang berjudul Model Penilaian Afektif dalam Pendidikan Agama Islam mengkaji penerapan model penilaian afektif pada pendidikan agama Islam di jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkritik berbagai model penilaian yang digunakan oleh guru PAI, dengan fokus pada aspek spiritual dan sosial siswa.

Dalam studi ini, Maemunah mengidentifikasi tiga model penilaian yang digunakan di dua sekolah: SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang dan SMA Islamic Village. Model yang digunakan mencakup observasi tertutup dengan teknik ceklis, self-assessment dengan skala Likert, dan portofolio berupa penugasan yang juga menggunakan skala Likert. Penelitian ini juga menemukan bahwa model peer assessment belum digunakan dalam penilaian afektif, meskipun dapat memberikan kontribusi penting dalam mengevaluasi sikap sosial siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki sikap afektif yang baik—baik dalam dimensi spiritual maupun sosial—juga menunjukkan nilai akademik yang tinggi. Temuan ini mendukung teori Popham (1995) yang menyatakan bahwa ranah afektif berperan penting dalam keberhasilan akademik siswa, serta pendapat Shiloh Whitney (2016) yang menyatakan bahwa afektif dapat meningkatkan pembelajaran kognitif.

Namun, disertasi ini juga mengkritik beberapa pandangan yang bertentangan dengan penilaian afektif, seperti teori Leon Festinger yang lebih fokus pada ketidaknyamanan psikologis akibat kontradiksi sikap dan tindakan, serta pandangan Stanford Binet yang menekankan penilaian kognitif dalam evaluasi prestasi siswa.

Secara keseluruhan, disertasi ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya pemahaman tentang penilaian afektif dalam pendidikan agama Islam, serta menekankan perlunya pengembangan model penilaian yang lebih holistik, termasuk penerapan peer assessment dalam proses evaluasi. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan yang tertarik pada pengembangan metode penilaian yang lebih menyeluruh.

Temukan koleksi ini >> Model Penilaian Afektif dalam Pendidikan Agama Islam, Karya Maemunah