Mahasiswa PGMI UIN Jakarta Diperkenalkan Sumber Digital Akademik
Gedung Perpustakaan UIN Jakarta, Berita Online – Dalam upaya memperkuat literasi informasi akademik mahasiswa dan mendukung capaian pembelajaran pada ‘Mata Kuliah Penelitian MI/SD', Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar kunjungan studi literasi informasi akademik yang berlangsung pada Jum’at (09/05). Acara ini berlangsung di Ruang Pertemuan Lantai 7, Gedung Perpustakaan UIN Jakarta dan diikuti oleh 32 mahasiswa.
Kegiatan ini diinisiasi oleh Dosen Pengampu, Tri Suryaningsih, M.Pd., sebagai bentuk pendampingan terhadap mahasiswa dalam mengakses, mengelola dan memanfaatkan sumber-sumber digital akademik yang relevan bagi penelitian pendidikan dasar untuk menunjang penyusunan karya ilmiah dan skripsi mahasiswa PGMI.
Acara dibuka oleh Ibu Mudianah Mahmud, S.IP., —selaku Koordinator Pengembangan Koleksi Perpustakaan UIN Jakarta. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kemampuan mahasiswa dalam mengakses dan mengevaluasi sumber-sumber informasi ilmiah. “Kami berharap mahasiswa tidak hanya tahu cara mencari, tetapi juga mampu mengevaluasi dan mengelola informasi dengan bijak. Literasi informasi adalah kunci agar hasil penelitian tidak asal kutip, tapi benar-benar ilmiah,” ujarnya.
Kenalkan Akses Sumber Digital, Jurnal, dan Manajer Referensi
Sesi pertama dipandu oleh Septian Nurhakim, S.IP., pustakawan UIN Jakarta, yang memaparkan pemanfaatan sumber daya koleksi perpustakaan secara digital. Materi mencakup pengenalan Online Public Access Catalog (OPAC), Repository UIN Jakarta, dan layanan unggulan berbasis teknologi digital yaitu Touch & Go Mobile Library —perpustakaan digital yang bisa diakses melalui perangkat mobile.
Tak hanya itu, Septian juga memperkenalkan dua perangkat lunak penting dalam manajemen referensi ilmiah: Mendeley dan Zotero. Kedua tools ini menjadi bekal penting bagi mahasiswa untuk mengelola sumber kutipan dan bibliografi dalam proses penyusunan karya ilmiah. “Menggunakan reference manager bukan hanya memudahkan penulisan, tapi juga menunjukkan kualitas akademik seseorang. Ini bagian dari literasi ilmiah yang harus dimiliki mahasiswa,” jelasnya.
Sesi kedua dilanjutkan oleh Hayatunnisa, S.IP., yang membimbing mahasiswa dalam mengakses jurnal ilmiah melalui portal resmi UIN Jakarta. Ia juga menekankan pentingnya pengelolaan hasil unduhan jurnal agar dapat digunakan secara efektif dalam penyusunan karya ilmiah. “Kemampuan mencari jurnal bukan lagi keahlian tambahan, melainkan kebutuhan pokok mahasiswa yang sedang meneliti. Kami ingin mereka terampil sejak awal,” tutur Hayatunnisa.
Wujud Nyata Kolaborasi Akademik
Kegiatan kunjungan studi ini menjadi ruang pembelajaran langsung yang mempertemukan mahasiswa dengan praktisi perpustakaan akademik. Dosen, pustakawan, dan mahasiswa terlibat aktif dalam membangun pemahaman bersama tentang pentingnya literasi digital dan keterampilan informasi dalam mendukung proses penelitian pendidikan dasar.
Kegiatan seperti ini menjadi bagian dari komitmen Perpustakaan UIN Jakarta dalam membekali civitas akademika dengan keterampilan literasi digital akademik yang relevan di era teknologi informasi. Selain memperkuat kemampuan literasi digital, kegiatan ini juga membuka wawasan mahasiswa terhadap pentingnya sumber ilmiah yang valid dan terpercaya sebagai dasar penelitian. *RMr
Untuk update berita dan informasi lebih lanjut, bisa di akses:
🌐 Website: https://perpus.uinjkt.ac.id/id
📸 Instagram: https://www.instagram.com/perpusuinjkt/
▶️ YouTube: https://www.youtube.com/@pusatperpustakaan5231
FB: https://www.facebook.com/pusatperpustakaanuinjkt
X: https://x.com/i/flow/login?redirect_after_login=%2Fperpusuinjkt