Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H

Ciputat (30/6/2016), Keluarga Besar Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H ‘Mohon Maaf Lahir Batin’. Berikut sambutan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada, MA dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H https://www.youtube.com/watch?v=_Hov_UhLGww

Cegah Korupsi, KPK Jalin Kerja Sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ciputat (25/6/2016), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalin kerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam hal Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama Publikasi Lokal Universitas (skripsi, tesis, disertasi, hasil kajian/penelitian, buku/literature) dalam upaya pemberantasan korupsi. Pada saat yang sama KPK juga menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Atma Jaya, Universitas Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, Universitas Paramadina.

UIN Education Expo 2016

Ciputat (24/2/2016), Pembukaan UIN Education Expo 2016 secara langsung diresmikan oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada, MA. yang berlangsung di halaman Gedung Rektorat UIN Jakarta. UIN Education Expo Jakarta 2016 berlangsung 2 hari yaitu tanggal 24 – 25 Februari 2016 dengan mengusung tema “Transformasi Menuju Universitas Riset”. Pameran ditujukan untuk memberikan informasi tentang penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2016, semua jalur masuk, semua tata cara pendaftaran, semua informasi mengenai tiap Program Studi dan Fakultas.

Peresmian Gedung Perpustakaan dan Gedung Parkir

Ciputat (29/01/2016), Perpustakaan memiliki gedung baru 11 lantai yang terdiri dari, 4 lantai terbawah untuk parkir dan 7 lantai digunakan untuk perpustakaan. Gedung ini merupakan gedung perpustakaan tertinggi di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia, gedung yang dilengkapi dengan fasilitas difabel (kebutuhan khusus), dan fasilitas modern lainnya seperti, reservoir (pengolahan air limbah), Genset, Security Door, Fire Alarm, Hydrant System, Information System, Close Circuit Television (CCTV), dan dilengkapi juga dengan fasilitas pemeliharaan seperti gondola. Peresmian gedung ditandai dengan pengguntingan pita secara langsung oleh Rektor UIN Jakarta yaitu, Prof. Dr. Dede Rosyada MA dan turut disaksikan oleh Wakil Rektor, Kepala Biro, dan civitas akademika.  

Sejarah Perpustakaan UIN Jakarta

Perpustakaan UIN pada awalnya merupakan peralihan nama dari Perpustakaan IAIN Jakarta, yang didirikan seiring dengan berdirinya IAIN  itu sendiri, yaitu sejak berdirinya ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) pada tanggal 1 Juni 1957. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat  sederhana, hanya terdiri dari satu ruangan dengan koleksi sebanyak 2000 eksemplar, dan hanya dikelola oleh seorang pegawai. Pada tahun 1960-1964 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. A. Syadali (beliau adalah Rektor IAIN tahun 1984-1993). Dibawah kepemimpinannya perpustakaan sudah mulai dikelola secara lebih sistematis. Pada periode tersebut, koleksi buku diklasifikasi menurut DDC (Dewey Decimal Classification). Di samping itu  sistem peminjaman juga sudah mulai tertib, dan jumlah pegawainya ada 4 orang.

Tahun 1964-1971 Perpustakaan IAIN dikepalai oleh Ny. Nabilah  Lubis, beliau adalah sarjana muda ilmu perpustakaan dari Universitas Cairo, Mesir. Pada masanya Perpustakaan IAIN banyak menerima sumbangan buku dari berbagai lembaga, khususnya kedutaan Mesir dan Saudi Arabia, sehingga pada Januari 1969 jumlah koleksi menjadi 1.320 judul dan 10.999 eks buku, 23 skripsi, dan 310 eks majalah. Prof. DR. Nabilah Lubis saat ini adalah guru besar pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Selanjutnya, pada tahun 1971-1983 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Ny. Dra. Hj. Halimah Madjid. Di bawah kepemimpinannya perpustakaan ditata lebih teratur dan menempati ruang yang lebih luas (gedung Aula Madya saat ini). Pada masa inilah puncak prestasi perpustakaan berhasil diraih, tepatnya pada tahun 1980 Perpustakaan IAIN Jakarta tercatat sebagai perpustakaan perguruan tinggi terbaik se-DKI Jakarta.

Perpustakaan Video