UPT PUSAT PERPUSTAKAAN UIN JAKARTA GELAR SEMINAR NASIONAL

PUSAT PERPUSTAKAAN - Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema "Perpustakaan dan Open Science Dalam Mendukung Riset di Perguruan Tinggi" yang diselenggarakan di Syahida Inn dan berlangsung dua hari yakni dari tanggal 28-29 November 2019.  Seminar ini menghadirkan narasumber Prof. Roslina Othman (Universitas Islam Internasional Malaysia), Safiratu Khoir, Ph.D (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), dan Agus Rifai, Ph.D (Kepala Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta). Seminar juga mempresentasikan beberapa makalah peserta, di antaranya dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), UIN Pekanbaru, dan UIN Jakarta.

Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Amrullah Hasbana dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan seminar nasional tentang Perpustakaan dan Open Science ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para peserta dalam pengelolaan perpustakaan. Selain itu, tujuan acara tersebut adalah untuk sharing informasi atau saling memberikan informasi dan pemikiran agar perpustakaan yang dikelola oleh perguruan tinggi dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pemustaka.

Acara seminar Nasional Dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Jakarta Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, MA. Dalam sambutanya mengatakan, perpustakaan harus membuka akses seluas-luasnya terhadap kemajuan teknologi. Keterbukaan akses tersebut menjadi syarat mutlak sehingga perpustakaan lebih berkualitas dan memenuhi harapan masyarakat. Idealnya, sebuah perpustakaan harus memiliki tiga hal, yakni adanya sarana dan prasarana memadai termasuk komputer dan teknologi informasi, ketersediaan buku-buku dan referensi jurnal, serta pelayanan yang professional. (AR)