RDK Pengembangan Mutu Perpustakaan

PUSAT PERPUSTAKAAN, Repository merupakan koleksi digital/database online yang dimiliki UIN Jakarta, namun seiring perjalanan waktu ditemukan permasalahan teknis dan prosedural didalam proses inputing data, kebijakan, yang dilakukan di masing masing perpustakaan fakultas, oleh karena itu dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu layanan perpustakaan, Pusat Perpustakaan UIN Jakarta mengadakan Rapat Dalam Kantor (RDK) untuk membahas permasalahan Repository dan Pengembangan mutu perpustakaan.

Kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan Lt.7 Pusat Perpustakaan UIN Jakarta (25/7/2019). Agenda kegiatan yaitu sosialisasi layanan Repository, Turnitin, serta Forum Group Discussion (FGD) Pustakawan. Acara dibuka Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Ahmad Romdoni, M.M., kemudian dilanjutkan dengan arahan Kepala Pusat Perpustakaan Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA. terkait dengan pengembangan perpustakaan.

Pada sesi ke-2, materi sosialisasi aplikasi plagiarism turnitin yang disampaikan Ulpah Andayani, S.Ag., SS., M. Hum. Sebagai Koordinator Layanan Teknis memaparkan tentang efektifitas pemanfaatan Turnitin di dalam ruang lingkup perpustakaan, Sesi berikutnya Priyo Supriyadi sebagai Kaur TI dan Otomasi membawakan materi evaluasi upload karya akademik ke repository.

Adanya surat edaran kemenristekdikti mewajibkan dosen untuk mengupload bukti peer review pada halaman website perguruan tinggi, sebagai syarat kenaikan pangkat dan jabatan dosen. Namun dosen mengeluhkan tidak tersedianya fasilitas upload data peer review dan hasil screening plagiarism berbasis website yang bisa dijadikan sebagai tujuan upload data. Perpustakaan menyepakati laman repository menjadi tempat yang bisa dimanfaatkan para dosen untuk upload data-data tersebut.

 

(ANS)