Perpustakaan kembali gelar Workshop Database Online

PUSAT PERPUSTAKAAN, Workshop Database  Online merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh perpustakaan. Fokus kegiatan yaitu sosialisasi koleksi database online yang dilanggan serta teknik penelusurannya, sehingga mempermudah mahasiswa menemukan artikel, jurnal, buku elektronik sesuai dengan kebutuhan dan mampu dimanfaatkan civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada tahun ini workshop dibagi menjadi 2 hari tanggal 13-14 Maret 2018 di ruang pertemuan lantai 7 gedung Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Perpustakaan, Amrullah Hasbana, S.Ag, SS., MA. Beliau memaparkan kebutuhan mahasiswa terhadap akses database online, dan berharap para peserta yang mengikuti workshop dapat menyampaikan kembali ilmu yang didapat kepada mahasiswa lainnya atau disebut dengan training of trainers.

Materi yang dibahas yaitu Springerlink, Oxford University Press, JSTOR, dan Cambridge. Materi database online Springerlink disampaikan oleh Ulpah Andayani, S.Ag, SS., M.Hum dan Siti Maryam, S.Ag, SS., M.Hum, materi database online Oxford University Press disampaikan oleh Maryulisman, S.IP, materi database online JSTOR disampaikan oleh Ahmad Nawawi, Amd, lalu materi database online Cambridge disampaikan oleh Lutfi Irhason, S.IP.

Tujuan dari workshop ini agar mahasiswa dapat mengetahui dan memanfaatkan fasilitas database online yang dilanggan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah sebagai penunjang proses belajar di tempat perkuliahan. Peserta workshop secara langsung dipandu panitia kegiatan yaitu staff Pusat Perpustakaan UIN agar dapat mempraktikkan proses penelusuran database online dari laptop masing-masing mengikuti arahan dari pemateri workshop. Workshop dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa dari berbagai fakultas, antusias peserta mengetahui cara menelusur sekaligus diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan lancar dan sukses.