Perpustakaan Fasilitasi Program Percepatan Profesor

PUSAT PERPUSTAKAAN, Mu'min Rauf, M.A. (Koordinator LP2M) membuka acara percepatan profesor yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (17/07/2018), turut hadir Kepala Pusat Perpustakaan, Amrullah Hasbana, S.Ag. SS., M.A., Ulpah Andayani, M.Hum (Sub. Koordinator Layanan Teknis), Luthfi Irhason, S.IP (Sub. Koordinator IT dan Otomasi), Septian Nurhakim, S.IP (Staf Layanan Referensi). Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian Program Akselerasi Guru Besar yang berlangsung selama 2 hari (16/17) dan bertujuan untuk mempercepat proses pemenuhan persyaratan Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Program ini diikuti oleh 10 dosen yang telah berpangkat Lektor Kepala 700 dan 550 yaitu,

1. Dr. Mujar Ibnu Syarif, M.Ag. (Hukum tata Negara/Siyasah)
2. Dr. Rumadi, M.Ag. (Hukum tata Negara/Siyasah)
3. Dr. Asep Saepudin Jahar, MA. (Hukum Islam, Filantropi Islam)
4. Dr. Moch. Syarif Hidayatullah, M.Hum. (Tarjamah)
5. Dr. Abdul Wahid Hasyim, M.Ag. (Sejarah Kebudayaan Islam)
6. Dr. Agus Salim, M.Si. (Biologi/Ekologi)
7. Dr. Pheni Chalid, MA. (Ekonomi Pembangunan)
8. Dr. Abdul Rahman Shaleh, M.Psi. (Psikologi)
9. Dr. Arief Subhan, M.Ag. (Dakwah dan Komunikasi)
10. Dr. Diana Muthiah M.Si. (Psikologi)

Kepala Pusat Perpustakaan menyampaikan dalam sambutannya "E-resource yang sudah dilanggan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebanyak 8 e-Resource, ini dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika UIN Jakarta termasuk para calon Profesor untuk menulis karya ilmiah". kemudian dilanjutkan materi tentang pentingnya e-Resource untuk mendukung kegiatan akademik.

Materi sosialisasi penggunaan aplikasi plagiarisme checker (Turnitin), dan aplikasi reference manager (Zotero) disampaikan oleh Ulpah Andayani, M. Hum. sekaligus dilaksanakan praktik/tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut untuk mempercepat dan mempermudah menyusun karya ilmiah/penelitian. Calon profesor menginginkan acara pelatihan seperti ini diadakan kembali/rutin sehingga banyak dosen atau calon profesor dapat menguasai E-Resource yang sudah dilanggan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.