Pelatihan Indonesia OneSearch oleh APPTIS

PUSAT PERPUSTAKAAN, Staf IT dan Otomasi Pusat Perpustakaan UIN Jakarta menghadiri pelatihan Indonesia OneSearch (30/7/2019). Acara dimulai pukul 14.00 WIB di Aula Lt.4 Gedung Perpustakaan Terpadu SBSN IAIN Kudus Jawa Tengah. Hadir sebagai narasumber Muhammad Hamim, S.Kom dari Perpustakaan IAIN Kediri dan moderator Miswan, S.Ag., SIP., M.Hum. dari Perpustakaan UIN Walisongo Semarang, dengan tema “Transformasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Sebagai Pusat Riset di Era Bigdata”.

Saat ini OneSearch merupakan aplikasi pencarian koleksi interlibrary, yang terdiri dari 7,582,746 unik entri dan 9,873,660 entri dengan duplikat di dalam Indonesia OneSearch. OneSearch menjaring 1243 Institusi, 1538 Perpustakaan, dan 5686 Repositori yang bergabung sebagai mitra yang ada di seluruh Indonesia.

Pusat Perpustakaan UIN Jakarta ikut tergabung dan berkontribusi dalam menyatukan koleksi nasional. Pada laman http://onesearch.id Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Top Five Contributor dengan 194.334 koleksi setelah Universitas Sebelas Maret dengan 194.568 koleksi.

Kemudian onesearch juga mengklasifikasi pada level perguruan tinggi islam yang bisa diakses pada laman http://ptki.onesearch.id Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menduduki peringkat pertama koleksi terbesar dengan 217.321 koleksi, disusul oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dengan 89.413 koleksi, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan 70.986 pada peringkat ketiga.

Onesearch juga menyediakan laman report yang bisa diakses pada alamat http://reporting.onesearch.id, beragam statistik bisa dilihat dengan mudah, seperti total dokumen, total unik dokumen, total pengunjung, total halaman dilihat dan mengetahui jumlah kunjungan online atau ringkasan statistik pada periode tertentu dan masih banyak lagi informasi-informasi yang bisa didapatkan.  

(ANS)