MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

PUSAT PERPUSTAKAAN - Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Amrullah Hasbana, S. Ag, SS, MA menerima kunjungan tamu dari IAIN Kudus di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Jl. Ir. H. Djuanda No.95 Ciputat Rabu, 18 Desember 2019. Tujuan kedatangan mitra perpustakaan tersebut selain bersilaturahmi juga menggali informasi tentang manajemen perpustakaan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Amrullah menjelaskan “Manajemen tidak akan berjalan kalau tidak didukung semua unit”. Itu berarti kerjasama antara pimpinan, staff dan penghubung harus berjalan dengan baik sehingga proses administrasi dalam perpustakaan bisa berjalan dengan baik. Pengelolaan perpustakaan yang ingin terakreditasi sebaiknya juga mengarah pada 6 komponen standar yang telah ditetapkan.

Untuk pengelolaan IT “Memiliki SDM yang memiliki keahlian/ keilmuan selain perpustakaan juga perlu dipertimbangkan. contoh pustakawan yang menguasi IT” Ungkap Priyo

Penerapan ISO di perpustakaan juga termasuk hal yang penting juga, misalnya untuk penyusunan standard operasional (SOP) mulai dari pengolahan koleksi, layanan informasi, layanan sirkulasi, ruangan, sarana, dan SDM. (AR)