LITERASI INFORMASI UNTUK SIVITAS AKADEMIKA

PUSAT PERPUSTAKAAN - Kegiatan Literasi Informasi kembali diadakan Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Walaupun Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara online atau daring, namun kegiatan ini berjalan dengan lancar dan cukup banyak pesertanya. Kegiatan Literasi informasi ini diadakan dalam 2 hari yakni tanggal 14 dan 15 Juni 2022 dengan tema yang berbeda yakni “Smart Searching for Smart Literacy” dan “Step by Step Literature Review”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saja namun juga dari instansi di luar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Narasumber pada hari pertama merupakan Pustakawan dan BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) yakni Dra. Noer’aida dengan materi “Bibliometrik dalam kajian riset dan visualisasi data menggunakan Vosviewer”, Drs. Tupan dengan materi “ Biblioshiny untuk Systematic Literature (SLR), Rahmadani Ningsih Maha, M. Hum. Dengan materi “Smart Searching untuk Riset Ilmiah”, dan  Madiareni Sulaiman, M.Sc. dengan materi “Manajemen Kurasi Data dalam Konteks Riset”. Narasumber pada hari kedua yakni Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Mecr., PhD. Dan Prof. Dr. Abdul Rahman, S.F., Apt., M.Si yang berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM). Narasumber yang luar biasa ini menyampaikan materi yang sangat sesuai dengan tema dan sangat menarik bagi seluruh peserta. Sehingga cukup banyak pertanyaan dan diskusi yang digulirkan pada acara literasi ini. Kegiatan ini juga didukung dengan moderator yang sangat kompeten dalam hal penulisan karya tulis ilmiah yang juga sesuai dengan tema acara literasi ini.

“Kegiatan Literasi informasi ini merupakan serangkaian kegiatan Literasi Informasi yang diadakan Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Tahun 2002 ini. Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung dan menunjang civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta khususnya dan umumnya bagi seluruh peneliti atau penulis karya ilmiah dalam membuat sebuah karya tulis khususnya terkait Literature Review.”Jelas Kepala Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini juga dibuka oleh Prof. Dr. Zulkifli, MA. Wakil Rektor I Bidag Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus menyampaikan Keynote Speech yang sangat memotivasi para penulis ataupun peneliti dalam menggunakan metodologi penelitian sebagai sarana untuk membuat sebuah karya ilmiah. (h)