KUNJUNGAN SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI (STAHN) KE PUSAT PERPUSTAKAAN UIN JAKARTA

PUSAT PERPUSTAKAAN. Kamis, 21 November 2019 Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mataram. Rombongan yang berjumlah delapan orang tersebut disambut langsung oleh kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA dan beberapa perwakilan dari staff Pusat Perpustakaan.

Tujuan kunjungan dari STAHN adalah studi banding untuk meningkatkan wawasan tentang strategi dalam meningkatkan kualitas dan mutu layanan perpustakaan, seperti: kebijakan layanan pemustaka, peningkatan SDM, Sistem informasi, pengembangan koleksi, peningkatan minat baca, membangun kerjasama dan pelestrian bahan pustaka.

Dalam diskusi tersebut,  Amrullah Hasbana berpendapat bahwa sebagai pengelola perpustakaan, kita harus mampu memenuhi kebutuhan pemustaka. Misal untuk pengembangan koleksi, Pusat Perpustakaan melanggan e-journal dan e-book. Menyediakan “Repository” suatu wadah bagi civitas akademik untuk menyimpan karya ilmiahnya. Memiliki gedung yang bisa menampung sesuai dengan jumlah mahasiswa,  dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti  wifi, layanan referens, multimedia dan cek plagiasi.

Pengembangan sumber daya manausia  pun harus dilakukan, seperti pustakawan diikut sertakan ke seminar-seminar dan pelatihan. Selain itu, membangun kerjasama dengan pihak lain juga tidak kalah penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Pusat Perpustakaan.

Selesai berdiskusi, rombongan diajak berkeliling untuk melihat sumberdaya yang dimiliki Pusat Perpustakaan UIN Jakarta. Kegiatan studi banding ini diakhiri dengan foto bersama. (R)