Kontribusi Perpustakaan pada Festival Budaya Islam

PUSAT PERPUSTAKAAN, Dalam rangka Dies Natalis UIN Jakarta 1957-2018, Bagian Kemahasiswaan menyelenggarakan Festival Budaya Islam untuk menyemarakkan Milad UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang ke 61. Festival Budaya Islam ini dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 28 dan 29 Juli 2018 yang bertempat di Auditorium Harun Nasution, Taman Rektorat UIN, dan Aula Student Centre. Tema yang diangkat pada Festival Kebudayaan ini adalah "Menimbang Pembaharuan, Membaca Generasi Baru".

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Yusron Razak, M.A. pada pukul 15.00 dan dilanjutkan acara Talkshow yang diisi oleh narasumber Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A. dan Dr. Kusmana, M.A. dengan tema "Meneropong Generasi Baru Islam: Jejak Pemikiran Harun Nasution dan Nurcholis Majid. Peserta yang hadir kurang lebih 100 orang yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa, serta Karyawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada rangkaian acara Festival Budaya Islam, Perpustakaan ikut memeriahkan acara dengan membuka Stand Pameran Buku karya penulis-penulis dari Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain memamerkan buku, perpustakaan juga melakukan promosi perpustakaan dengan membagikan brosur, Panduan Perpustakaan, Panduan database online dan brosur dari American Corner. Promosi ini dimaksudkan untuk mengenalkan/sosialisasi informasi terbaru mengenai koleksi dan fasilitas yang ada di Perpustakaan. saat ini perpustakaan memiliki 83.918 judul dan ratusan ribu eksemplar koleksi tercetak yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, selain koleksi tercetak perpustakaan juga memiliki online resources yang dapat diakses melalui internet.

Antusiasme pengunjung yang datang ke stand Perpustakaan untuk mendapatkan informasi atau sekedar membaca buku menambah semarak kegiatan Festival budaya Islam. Namun beberapa dosen mengeluhkan tidak semua buku karya dari penulis-penulis dosen UIN Syarif Hidayatullah jakarta dipamerkan dan ada di Perpustakaan. Hal ini dapat menjadi masukan yang positif bagi perpustakaan untuk menghimpun koleksi dari dosen-dosen UIN Jakarta yang memiliki karya sehingga menambah koleksi di Pusat Perpustakaan.

 

(SNH/ANS)