INSTRUMENT AKREDITASI PUSAT PERPUSTAKAAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
1. KOLEKSI PERPUSTAKAAN |
KOMPONEN |
NO. |
|
Pengembangan koleksi |
1.1.1 |
|
Kebijakan |
1.1.1 |
|
Ketersediaan kebijakan pengem bangan koleksi |
Ada kebijakan pengembangan koleksi tertulis yang ditinjau tiga tahun sekali |
|
Pelaksanaan kebijakan (jenis koleksi, jumlah koleksi, bentuk koleksi, subjek koleksi, kemu takhiran, distribusi, anggaran, dll) |
7 komponen kebijakanatau lebih dilaksanakan |
|
Seleksi |
1.1.2 |
|
Survei kebutuhan koleksi setiap tahun |
Survei kebutuhan koleksi dilakukan rutin dengan menyebarkan kuesioner tercetak dan online serta wawancara |
|
Jumlah alat seleksi bahan perpus takaan (masukan dari pemustaka, timbangan buku, bibliografi, ano tasi, katalog penerbit, website penerbit/toko buku, dll.) |
7 jenis atau lebih |
|
Jenis dan Jumlah Koleksi |
1.1.2 |
|
Jumlah buku tercetak (diluar skripsi, tesis, disertasi, dan lapo ran penelitian) |
15.000 judul atau lebih |
|
Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum pro gram studi) dari keseluruhan koleksi |
50% - 69% |
|
Judul buku referensi yang dimiliki (kamus, ensiklopedia, bibliografi, katalog, indeks, direk tori, handbook/ manual, statistik, atlas, globe, dll.) |
600 judul atau lebih |
|
Surat kabar yang dilanggan (lokal dan nasional) |
6 judul atau lebih |
|
Majalah yang dilanggan |
6 judul atau lebih |
|
Jurnal ilmiah yang dilanggan per program studi |
4 judul atau lebih |
|
Jurnal elektronik yang dilanggan per program studi |
4 judul atau lebih |
|
Jumlah koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi, dll) |
4000 judul atau lebih |
|
Persentase penambahan koleksi buku tercetak per tahun |
|
1.1.3.13 |
Koleksi lebih dari 50.000 judul |
4% atau lebih |
|
Jumlah koleksi buku elektronik (e-books) |
2.000 judul atau lebih |
|
Koleksi Audio Visual yang dimi liki (CD, VCD, DVD, Kaset, dll.) |
300 judul atau lebih |
|
Jumlah brosur , leaflet, pamflet, poster yang dimiliki |
150 judul atau lebih |
|
Database yang dilanggan |
Melanggan bersama minimal 3 database |
|
Pengorganisasian Bahan Perpustakaan |
1.2 |
|
Pengolahan buku/monograf |
Inventarisasi, klasifikasi, pengatalogan, labelling, secara otomasi dan memiliki cadangan data tercetak, |
|
Standar pengolahan bahan perpus takaan (deskripsi bibliografi, kla sifikasi dan tajuk subjek) |
Mengikuti ketentuan baku internasional secara konsisten
|
|
Sistem otomasi pengolahan |
Memiliki aplikasi otomasi dengan LAN terko neksi internet |
|
Kelengkapan Fisik |
1.2.2 |
|
Kelengkapan buku |
Kartu buku, kantong buku,slip tanggal kembali, label buku, stempel, barcode/chip/RFID (sebagai perangkat otomasi) |
|
Perawatan Koleksi Perpustakaan |
1.3 |
|
Pencacahan dan Penyiangan |
1.3.1 |
|
Pencacahan |
1 tahun sekali |
|
Penyiangan |
3 tahun sekali ataukurang |
|
Pelestarian |
1.3.2 |
|
Cara pengendalian kondisi rua ngan |
Menjaga temperatur, cahaya, kelembaban, sirku lasi udara dan kebersihan |
|
Pembasmian serangga perusak bahan perpustakaan (fumigasi) |
1 tahun sekali |
|
Jumlah perbaikan bahan perpus takaan per tahun |
1.500 eksemplar atau lebih |
2. SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN |
KOMPONEN |
NO. |
|
Prasarana |
2.1 |
|
Gedung/Ruang |
2.1.1 |
|
Luas gedung/ruang perpustakaan |
1500 m² atau lebih |
|
Luas area koleksi |
600 m ²atau lebih |
|
Luas area pemustaka |
400 m²atau lebih |
|
Luas area untuk staf |
150 m² atau lebih |
|
Luas area lain |
75 m² atau lebih |
|
Ruang/area yang tersedia di perpustakaan |
Ruang/area koleksi, baca, sirkulasi, kerja, dan multimedia, diskusi dan baca khusus |
|
Kondisi |
2.1.2 |
|
Kebersihan gedung dan ruangan |
Keseluruhan tampak sangat bersih dan terkelola dengan baik |
|
Pencahayaan |
Ruang baca, ruang koleksi dan ruang kerja erang dengan sumber pencahayaan alami dan elektrik |
|
Sirkulasi udara |
Ruang baca, ruang koleksi, dan ruang kerja semua baik |
|
Letak/Lokasi Perpustakaan |
Di pusat kegiatan pembelajaran dan administrasi PT |
|
Rak Buku |
75 buah atau lebih |
|
Rak Jurnal |
8 buah atau lebih |
|
Rak Surat Kabar |
4 buah atau lebih |
|
Rak multimedia |
4 buah atau lebih |
|
Rak Buku Referensi |
5 buah atau lebih |
|
Rak display buku baru |
4 buah atau lebih |
|
Jumlah rak Audio Visual dan memenuhi kelayakan |
4 buah atau lebih |
|
Sarana penyimpanan katalog |
Komputer, lemari katalog, dan rak katalog buku |
|
Jumlah papan pengumuman |
4 buah atau lebih |
|
Jumlah meja baca |
40 buah atau lebih |
|
Jumlah meja sirkulasi (manual dan otomasi) |
1 buah atau lebih dengan desain khusus |
|
Jumlah meja kerja petugas |
10 buah atau lebih |
|
Jumlah kursi baca |
100 buah atau lebih |
|
Peralatan Multi Media |
|
2.1.3 |
Jumlah Televisi |
5 buah atau lebih |
|
VCD dan DVD player |
10 buah atau lebih |
|
Jumlah scanner |
7 buah atau lebih |
|
Perlengkapan Berbasis TIK |
2.1.4 |
|
Jumlah perangkat komputer untuk kegiatan pengolahan dan administrasi perpustakaan |
10 buah atau lebih |
|
Jumlah perangkat komputer untuk pemustaka |
30 unit atau lebih |
|
Jaringan Otomasi |
2.1.5 |
|
Jumlah komputer yang terhubung dengan Internet |
|
|
Jumlah mahasiswa lebih dari 10.000 orang |
30 unit atau lebih |
|
Aplikasi Otomasi perpustakaan |
Memiliki aplikasi otomasi dengan, terkoneksi internet |
|
Kapasitas bandwidth (lebar pita) yang tersedia untuk keperluan perpustakaan |
500 MB atau lebih |
|
Sarana Keamanan |
2.1.6 |
|
Sarana Pengamanan (Locker penitipan barang, CCTV dan pintu detektor, dll.) |
3 jenis atau lebih |
|
Fasilitas Umum |
2.1.7 |
|
Tersedia kantin, musholla, ruang pertemuan, area parkir bebas, area parkir dengan keamanan |
3 jenis atau lebih |
3. PELAYANAN PERPUSTAKAAN |
KOMPONEN |
NO. |
|
Jenis Pelayanan |
3.1 |
|
Jenis pelayanan perpustakaan |
Layanan baca ditempat, sirkulasi, referensi, penelusuran, literasi informasi, silang layanan dan penyediaan dokumen |
|
Kegiatan peningkatan pelayanan perpustakaan |
Survei kebutuhan layanan pemustaka dan kepuasan pemustaka, diversifikasi layanan, pelibatan mahasiswa dalam layanan dan layanan ekstensi |
|
Jam Buka |
3.2 |
|
Jam buka perpustakaan per minggu |
50 jam atau lebih |
|
Sarana Akses/Penelusuran |
3.3 |
|
Sistem peminjaman/ pengemba lian bahan perpustakaan |
Otomasi |
|
Penelusuran informasi ke koleksi |
OPAC dan katalog manual |
|
Penelusuran informasi ke sumber daya informasi |
Online |
|
Sistem Otomasi Pelayanan |
Bergabung dengan jejaring perpustakaan online |
|
Website perpustakaan |
Profil perpustakaan, OPAC, informasi layanan perpustakaan, kontak perpustakaan, link ke database online/repositori, dan media sosial |
|
Keanggotaan |
3.4 |
|
Persentase jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpusta kaan |
90% atau lebih |
|
Persentase jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota |
90% atau lebih |
|
Jumlah Pengunjung dan Buku yang Dipinjam |
3.5 |
|
Jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan per bulan dalam satu tahun |
Jumlah mahasiswa lebih dari 10.000 orang |
|
Jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan melalui online per bulan dalam satu tahun |
6.000 orang atau lebih |
|
Jumlah rata-rata buku yang dipinjam per bulan dalam satu tahun |
6.000 eks atau lebih |
|
Promosi |
3.6 |
|
Jenis media promosi yang diguna kan (papan pengumuman, daftar buku baru, brosur, banner, span duk, poster, electronic running text, website, media sosial dll.) |
7 jenis atau lebih |
|
Jenis kegiatan promosi yang Dilaksanakan (penyebaran Infor masi, penyuluhan, lomba, pame ran, duta baca, bimbingan pemus taka, penyiaran, dll.) |
7 jenis atau lebih |
|
Jumlah kegiatan promosi perpus takaan per tahun |
9 kali atau lebih |
|
Literasi Informasi |
3.7 |
|
Jenis literasi informasi (orientasi perpustakaan, bimtek literasi infor masi untuk mahasiswa tingkat awal, bimtek literasi informasi untuk tingkat akhir,bimtek literasi informasi untuk dosen, penyedia an modul/ pedoman dll.) dalam 1 tahun |
4 jenis atau lebih |
|
Jumlah Kegiatan Literasi Infor masi dalam 1 tahun terakhir |
8 kali atau lebih |
|
Perpustakaan berperan dalam Me ngurangi praktek plagiarisme dengan cara: menyediakan apli kasi online pengontrol plagiaris me; memberi topik tentang pla giarisme dalam kegiatan literasi; Mengontrol pemustaka dalam mem fotocopy literatur di perpus takan; melakukan himbauan ter tulis anti plagiarisme di perpus takaan. |
4 cara atau lebih |
4. TENAGA PERPUSTAKAAN |
KOMPONEN |
NO. |
|
Kepala Perpustakaan |
4.1 |
|
Status kepala perpustakaan |
Fungsional pustakawan (profesional) |
|
Jenjang pendidikan kepala perpustakaan |
S2 perpustakaan atau lebih tinggi |
|
Peningkatan kompetensi berke lanjutan (PKB) kepala perpusta kaan (pelatihan, bimtek, seminar, lokakarya, dll. dalam bidang per pustakaan) dalam 3 tahun terakhir |
10 kali atau lebih |
|
Tenaga Perpustakaan |
4.2 |
|
Pustakawan |
4.2.1 |
|
Jumlah pustakawan (profesional) |
6 orang atau lebih |
|
Tenaga Teknis |
4.2.2 |
|
Jumlah tenaga teknis |
4 orang atau lebih |
|
Pendidikan |
4.2.3 |
|
PendidikanJumlah tenaga perpus takaan yang berlatar belakang pendidikan minimal D2 perpus takaan atau D2 bidang lain ditambah diklat/bimtek perpus takaan |
6 orang atau lebih |
|
Peningkatan Kompetensi Tenaga Perpustakaan |
4.2.4 |
|
Rata-rata peningkatan kompetensi berkelanjutan (PKB) per orang tenaga Perpustakaan (pelatihan, bimtek, seminar, lokakarya, dll.) dalam 3 tahun terakhir |
4 kali atau lebih |
|
Jumlah tenaga yang memiliki sertifikat kompetensi |
20% atau lebih |
|
Keikutsertaan dalam Organisasi Profesi |
4.2.5 |
|
Jumlah tenaga perpustakaan seba gai anggota profesi (Ikatan Pusta kawan Indonesia, Forum Perpus takaan Perguruan Tinggi, Ikatan Pustakawan Indonesia, dll.) |
5 orang atau lebih |
5. PENYELENGGARAAN DAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN |
KOMPONEN |
NO. |
|
Penyelenggaraan |
5.1 |
|
Kebijakan perpustakaan secara tertulis (koleksi, pengolahan, pela yanan, promosi, teknologi, angga ran, ketenagaan, organisasi, Sar ana dan prasarana) |
5 kebijakan atau lebih |
|
Pendirian perpustakaan |
5.1.1 |
|
Perguruan Tinggi Negeri |
|
|
Pendirian perpustakaan perguruan tinggi |
SK pendirian dari Menteri atau yang setingkat |
|
Struktur Organisasi |
5.1.2 |
|
Struktur organisasi kelembagaan perpustakaan |
Kepala Perpustakaan, Bidang Layanan Teknis, Bidang Layanan Pemustaka, Layanan TI, Kelompok Jabatan Fungsional, Tata Usaha dan deskripsi tugas |
|
Garis komando (Line of com mands) Kepala Perpustakaan |
Kepala Perpustakaan bertanggung jawab kepada pimpinan perguruan tinggi |
|
Program dan Perencanaan |
5.1.3 |
|
Program kerja perpustakaan |
Program kerja jangka panjang, menengah, pendek |
|
Laporan kegiatan |
Laporan tahunan, triwulan dan bulanan |
|
Anggaran |
5.2 |
|
Anggaran tetap |
5.2.1 |
|
Jumlah anggaran perpustakaan per tahun |
|
|
Jumlah Mahasiswa lebih dari 10.000 |
10 Miliar atau lebih |
5.2.1.7 |
Sumber anggaran dari APBN/ APBD/Yayasan, sebagian dari anggaran pendidikan, sumbangan masyarakat tidak mengikat, kerja sama Sumber anggaran dari APBN/APBD/Yayasan, sebagian dari anggaran pendidikan, sumba ngan masyarakat tidak mengikat, kerjasama |
5 sumber atau lebih |
5.2.1.8 |
Anggaran Partisipasi |
5.2.2 |
|
Jumlah dana partisipasi masya rakat/alumni/ perusahaan berupa sumbangan yang tidak mengikat |
150 juta atau lebih |
5.2.2.9 |
|
|
|
Persentase Anggaran |
5.2.3 |
|
Alokasi Anggaran untuk per pustakaan dari seluruh angga ran perguruan tinggi di luar belanja pegawai |
5% atau lebih |
5.2.3.10 |
Kerjasama |
5.3 |
|
Kerjasama Internal |
5.3.1 |
|
Jumlah kerja sama perpustakaan dengan internal lingkungan pergu ruan tinggi (fakultas dan unit kerja lain) dalam 3 tahun terakhir |
8 kegiatan atau lebih |
5.3.1.11 |
Kerjasama Eksternal |
5.3.2 |
|
Jumlah Kerja sama perpustakaan dengan lembaga/ komunitas di luar perguruan tinggi dalam 3 tahun terakhir |
8 kegiatan atau lebih |
6. PENGUAT |
KOMPONEN |
NO. |
|
Inovasi/Kreativitas |
6.1 |
|
Jumlah karya inovatif/ kreatif yang diterapkan dalam pengelola an perpustakaan (pengembangan koleksi, pengolahan, layanan, pe rawatan, pelibatan mahasiswa/ dosen, aplikasi TI dll.) dalam 3 tahun terakhir |
5 Karya atau lebih |
|
Keunikan |
6.2 |
|
Jumlah jenis keunikan (koleksi Berkebutuhan khusus, koleksi khusus, model layanan, lokasi perpustakaan, desain tata ruang, kegiatan akademik, dll.) |
4 macam atau lebih |
|
Prestasi |
6.3 |
|
Jumlah prestasi perpustakaan dan pustakawan (juara, pengakuan kinerja, apresiasi, keterlibatan dalam profesi lokal dan nasional dll.) dalam 3 tahun terakhir |
5 kali atau lebih |
|
Komitmen Pimpinan |
6.4 |
|
Jumlah pertemuan pengembangan Perpustakaan perguruan tinggi yang dipimpin oleh rektor atau pimpinan perguruan tinggi dalam 3 tahun terakhir |
4 kali atau lebih |
|
Lainnya |
6.5 |
|
Jumlah program per tahun yang melibatkan fakultas/ jurusan/ pro gram studi dan sivitas akademika dalam pengembangan perpustakaan |
4 program atau lebih |
|
Survei dampak pelayanan perpus takaan terhadap perkembangan prestasi akademis (karya tulis ilmiah, penelitian, dll) dalam tiga tahun |
4 kali atau lebih |