FIDKOM adakan pelatihan Turnitin dan Zotero

PUSAT PERPUSTAKAAN - Acara pelatihan mengusung tema "Online Database and Plagiarism Checker" dibuka oleh Ketua Jurusan Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Lisma Dyawati Fuaida, M.Si (Kamis, 15/02/2018). Bertempat di Lantai 7 Ruang Pertemuan Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, acara ini dihadiri dan disambut baik oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. Suparto, S.Ag., M.Ed. Pada sambutanya beliau sangat senang diadakannya acara ini, "dengan sebuah sistem dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk lebih efektif dalam menulis sebuah karya ilmiah, oleh karena itu agar kiranya acara ini dapat diikuti dengan baik dengan difasilitasi oleh perpustakaan dan narasumber yang kompeten".

Sebagai Narasumber Utama Ulpah Andayani, M.Hum (Koordinator Layanan Kerjasama) dan Luthfi Irhason, S.IP (Staf IT dan Otomasi), Acara ini dihadiri kurang lebih 120 peserta yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta. Kepala Perpustakaan Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA juga hadir dan memberikan sambutan disela-sela acara. Beliau mengatakan "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting dan menunjang visi misi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta kegiatan ini merupakan wujud promosi perpustakaan agar perpustakaan dapat sering dikunjungi oleh civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah jakarta". Lantai 7 Pusat perpustakaan yang merupakan aula perpustakaan yang bisa digunakan oleh seluruh civitas akademika. Kegiatan semacam ini akan diadakan rutin oleh perpustakaan kedepannya agar seluruh civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat menikmati semua fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan seperti Jurnal Online Internasional, Aplikasi Turnitin (Checker Plagiarism) dan fasilitas lainnya.

Pada akhir acara semua peserta yang membawa laptop dapat mencoba secara langsung aplikasi turnitin dan Zotero yang disampaikan oleh narasumber dan dipandu beberapa fasilitator dari Tim Narasumber untuk proses instalasi aplikasi hingga penggunaannya. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sampai dengan selesai. 

(SNH)