BEDAH BUKU: PEREMPUAN DAN ISLAM DI INDONESIA

PUSAT PERPUSTAKAAN - Perpustakaan Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan bedah buku “Perempuan dan Islam di Indonesia” karya Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A. “Acara bedah buku ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Dies Natalis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-65. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Literasi Informasi Perpustakaan Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta” papar Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 07 Juni 2022 pukul 09.00 – 12.00 secara hybrid, yakni diselenggarakan secara offline di gedung Pusat Perpustakaan Lantai 7 dan Online melalui Zoom Meeting.

Dalam keynote speechnya Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebutkan bahwa buku karya Rektor UIN Jakarta yang akan dibedah ini merupakan buku yang sangat baik berbicara tentang perempuan, tidak hanya itu buku ini juga membawa kita meningkatkan wawasan karena isi buku ini memiliki ragam lintas disiplin ilmu. Perpustakaan Pusat sebagai penyelenggara mendapat apresiasi dari pimpinan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta karena sudah menyelenggarakan kegiatan bedah buku ini. Semoga Perpustakaan Pusat selanjutnya dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebagai Narasumber dan tentunya penulis buku ini, Prof Dr. Hj. Amany Lubis menjelaskan bahwa karya buku yang dibedah ini adalah kumpulan dari makalah-makalah saya sendiri yang berisi cita-cita Islam yang ingin dicapai oleh Perempuan yang tentunya sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Pada akhirnya muncullah isu Gender, Islam dan gender ini menjadi isu yang sangat hangat dan menarik untuk dibahas. Gender adalah suatu pendekatan; alat untuk menganalisis suatu permasalahan, bukan hanya sebagai sebuah ajaran agama namun juga harus bisa ditafsirkan lebih luas dari ayat-ayat Al-Quran dan Hadis. Buku ini juga menyajikan kondisi bagaimana perempuan di Indonesia, seperti apa yang diharapkan dan bagaimana kenyataannya. Terdapat Poin penting dari buku ini yang bisa dijadikan catatan hidup yakni: 1) Perempuan harus memiliki jiwa kepemimpinan; 2) Perempuan harus memiliki pilar-pilar membangun dunia diantaranya Ilmu dari para pakar, keadilan dari penguasa, kedermawanan dari orang punya (kaya) dan doa orang-orang yang fakir. Dan terakhir dan yang paling utama, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengingatkan terkait Niat, karena dengan Niat inilah Perempuan Indonesia bisa merubah dunia menjadi semakin maju pemikirannya dan perjuangannya untuk perkembangan Islam.

Dalam acara ini juga terdapat pembahas dari buku yang dibedah yakni Prof. Dr. Ulfah Fajarini, M.Si.. Dalam pembahasannya, terdapat kritik dan masukan-masukan yang sangat baik terkait buku yang dibedah baik dari cover, redaksional tata bahasa dan substansialnya. Namun kesimpulan dari pembahas ini yakni secara konten sangat menarik dan ringan dipahami oleh semua pembaca. Adapun kesalahan-kesalahan kecil biasanya karena kesalahan dari editor yang kurang jeli dalam mereview buku secara keseluruhan sebelum dicetak.

Semoga dengan adanya buku ini bisa menjadi motivasi bagi perempuan untuk terus maju berkarya bagi dunia Islam. Tentunya juga semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan intelektual Muslim. Perpustakaan Pusat sebagai penyelenggara acara bedah buku ini juga sangat bangga dengan adanya buku ini dan insya Allah akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan memotivasi khusus civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan umumnya seluruh komponen masyarakat Islam di dunia.(h)