Bebas Pustaka

Setiap mahasiswa UIN Program S1, S2, dan S3 yang telah menyelesaikan studi diwajibkan mengurus Surat Keterangan Bebas Pinjam Bahan Pustaka dari Pusat Perpustakaan sebagai salah satu persyaratan pengambilan ijazah.

Berikut proses untuk mengurus bebas pustaka:

A. LAYANAN LANGSUNG

  1. Mengisi buku besar inventaris koleksi karya akademik.
  2. Menyerahkan SOFTCOPY  Karya ilmiah dalam bentuk satu keping CD lengkap dengan label dan covernya:  a.) File karya ilmiah dalam bentuk 1 file PDF .  b.) Isi file mulai dari halaman judul sampai dengan lampiran-lampiran, termasuk Scan lembar pengesahan dan persetujuan yang sudah ditandasahkan oleh pejabat yang berwenang.
  3. Tidak memiliki Masalah Administrasi perpustakaan.
  4. Mendapatkan verifikasi dan validasi Bebas Pustaka dari petugas.
  5. Mendapatkan Surat Bebas Pustaka

B. LAYANAN ONLINE

  1. Login menggunakan akun gmail.
  2. Buka link http://bit.ly/LayananBebasPustaka
  3. Isi data dalam form dan perhatikan ketepatan data
  4. Cantumkan email dan no. HP aktif untuk proses verifikasi dan validasi data
  5. Upload soft copy karya akademik (skripsi/tesis/disertasi) dengan format berikut:
  • Penamaan File NIM_NAMA LENGKAP, Contoh: 11110251000070_AGUS SAPUTRA.pdf
  • File karya ilmiah dalam bentuk 1 file PDF.
  • File mencakup Judul, Lembar Pengesahan yang sudah ditanda tangani oleh pejabat berwenang sampai dengan lampiran-lampiran.
  1. Petugas melakukan verifikasi dan validasi jika data yang diinput sudah lengkap. Hasil validasi dapat dilihat di AIS (Academic Information System)  dan selanjutnya dapat dilakukan pendaftaran wisuda.
  2. Formulir tercetak bebas pustaka selanjutnya dapat diambil setelah administrasi perpustakaan (pinjam buku, dll.) diselesaikan.